IPERMAH & LDK

Setelah tiga tahun vakum dengan kegiatan yang berorientasi pada pembentukan karakter dan keilmuan, akhirnya Ikatan Pemuda Remaja Masjid Al-Huda (IPERMAH) sukses menyelenggarakan “Latihan Dasar Kepemimpinan”. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pesantren Salafih Masjid AL-Huda Kompleks Agraria selama dua hari dimulai pada tanggal 12-13 Agustus 2012 diikuti 20 peserta yang berdomisili di Kompleks Agraria.

Kegiatan ini mengambil tema “Membentuk Regenerasi Yang Mempunyai Jiwa Kepemimpinan‘. Tema ini diangkat karena, membentuk karekter yang berjiwa pemimpin harus ditanamkan sedini mungkin (remaja) yang dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan mumpuni dan memadai, terutama manajemen kepemimpinan serta keorganisasian. Hal ini penting supaya remaja memiliki bekal dan mampu dalam mengelola potensi diri dan organisasi.

Peserta pelatihan selama dua hari dibekali beberapa materi kepemimpinan dan organisasi yakni Manajemen Kepemimpinan dengan target agar peserta dapat memahami makna dasar kepemimpinan dalam mengemban amanah, materi kedua mengenai Manajemen Organisasi dengan target agar peserta memahami pengertian dan prinsip-prinsip dasar manajemen organisasi. Materi ketiga mengenai Sejarah IPERMAH, materi ini diberikan sebagai refleksi awal dibentuknya organisasi dengan tujuan agar peserta memahami pentingnya meneruskan dan menjaga organisasi IPERMAH. Sebagai pemateri dalam sejarah Ipermah merupakan salah satu mantan pengur IPERMAH era 90-an yaitu Kanda Filman Asap.

Setelah diberikan materi mengenai kepemimpinan dan organisasi, peserta kemudian diarahkan dengan berbagai permainan kelompok yang bertujuan untuk membangun komunikasi efektif dalam suatu tim. Setelah diadakanya permainan-permainan kelompok, maka diadakan evaluasi pada malam terakhir LDK. Dalam sesi ini peserta juga diberikan pesan perjuangan yang merupakan tradisi dalam IPERMAH.

Selain kegiatan LDK, IPERMAH dan IPKA (Ikatan Pemuda Kompleks Agraria) pada tanggal 11 Agustus 2012 telah mengadakan Bakti Sosial ke Panti Asuhan, selanjutnya pada tanggal 18 Agustus 2012 IPERMAH akan memberikan bingkisan hadiah kepada anak-anak berusia 6-12 tahun yang rajin shalat Tarwih di Masjid Al-Huda.

Sumber pendanaan kegiatan yang diadakan oleh IPERMAH ini semuanya berasal dari warga Kompleks Agraria, utamanya dari beberapa mantan pengurus IPERMAH. Saya sebagai pengarah dalam beberapa kegiatan IPERMAH, mengucapkan banyak terima kasih atas segala partisipasi warga kompleks agraria serta mantan pengurus IPERMAH.

Apa yang telah dilaksanakan IPERMAH pada saat ini terasa diperlukan, terutama untuk mengorganisir kegiatan yang dilakukan oleh para remaja agraria yang memiliki keterikatan dengan Masjid. Dengan adanya IPERMAH, Insya Allah, kreativitas remaja muslim agraria dapat disalurkan dan dikembangkan. Selain itu, terjadinya kenakalan remaja juga dapat dikurangi. Remaja Masjid yang terorganisir dengan baik, bukan saja akan memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya, namun juga akan memberi bekal yang baik bagi masa depan mereka, terutama bekal taqwa. Sehingga, hadirnya generasi muslim yang terbaik, yang beriman, berilmu pengetahuan, beramal shalih dan mampu ber’amar ma’ruf nahi munkar, insya Allah, dapat menjadi kenyataan.

Untuk kedepannya Insya Allah akan diadakan kegiatan lanjutan LDK tahap kedua dengan pertimbangan sangat minimnya materi yang diberikan. Dan satu hal yang perlu diapresiasikan yaitu kembalinya Buletin Salafih ke Masjid Al-Huda. Semoga kreatifitas teman-teman di IPERMAH tak akan pernah berhenti. Aaminnn…. (SM).

#SalamMerdeka

S.Maronie
@DjoksayHome
03.25am 17 Agustus 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kontrol (Kriminologi)

Peradaban Islam Masa Daulah Utsmani

Teori Subculture (Kriminologi)